Tawajuh Akbar - 48
Surau Suluk Maulana Syekh Ibrahim Al-Khalidi Kumpulan

29 Oktober 2018 ......
berlangsung dengan lancar...





Senin, 29 Oktober 2018 telah diadakan acara tahunan Jama'ah Thariqat Naqsyabandiyah yang ada di Sumatera Barat dan sekitarnya. Kegiatan ini diadakan oleh Jama'ah Thariqat Naqsyabandiyah Kumpulan yang berpusat di Surau Suluk Maulana Syekh Ibrahim Al-Khalidi Kumpulan, pimpinan Buya H. Abu Bakar Tuanku Saidina Ibrahim, yang merupakan cicit dari Maulana Syekh Ibrahim Al-Khalidi Kumpulan.

Pada Senin itu, walaupun hari diguyur hujan mulai ashar hingga malam hari, akan tetapi jama'ah tetap semangat menghadiri kegiatan Tawajuh Akbar ke - 48 ini, jama'ah datang dari berbagai daerah seperti dari Kab. Pasaman, Pasaman Barat, Agam, Bukittinggi, Payakumbuh, Limo Puluh Kota, Tanah Datar dan Riau. Sedangkan dari pemerintahan dihadiri oleh Bupati Pasaman yang diwakili oleh Staf Ahli  Bupati Bapak Hermanto, Kapolres Pasaman Hasanuddin, S.Ag, Wali Nagari Koto Kaciak Zul Fahmi.

Kegiatan ini dimulai dengan Shalat Maghrib, Tawajuh Bersama, Shalat 'Isya, Makan bersama dan Ceramah Agama oleh Buya H. Harmaini, dan berakhir hingga pukul 23.30 WIB.

Dalam kegiatan ceramah ini juga terdapat berbagai tertib acara :
  1. Pembukaan oleh protokol (H. Ismal, S.Ag Tuanku Jalelo)
  2. Pembacaan Kalam Ilahi (M. Aidil Hidayat) - Santri Pondok Pesantren MTI Koto Tuo Kumpulan
  3. Laporan Panitia (Anifal Ardi, S.PdI Khatib Bandaro Kayo)
  4. Sambutan Kapolres Pasaman (Hasanuddin, S.Ag)
  5. Sambutan Bupati Pasaman atau yang mewakili (Hermanto)
  6. Hiburan (senandung shalawat dari Santri Pondok Pesantren Darussalam Tsalis)
  7. Ceramah Agama oleh Buya H. Harmaini (mengupas tema tentang Thariqat Naqsyabandiyah, dasar dan pengamalannya) 


Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Jama'ah Surau Suluk Maulana Syekh Ibrahim Al-Khalidi Kumpulan yang dikenal juga dengan nama Surau Tinggi berserta masyarakat sekitar dan masyarakat Nagari Koto Kaciak pada umumnya, yang telah meluangkan tenaga, pikiran maupun materi selama 2 (dua) hari mempersiapkan kegiatan ini. Semoga segala amal dan perbuatan kita dibalas dengan pahala yang berlipat ganda. Amin ya Rabbal 'alamin.